Gaya Hidup tips menjaga paspor dan visa

Published on January 24th, 2019 | by mahansa

0

5 Cara Menjaga Paspor dan Visa agar Lebih Tenang di Perjalanan

Kelengkapan dokumen adalah salah satu hal yang harus dipastikan sebelum bepergian ke luar negeri. Paling tidak, dua dokumen yang harus dipersiapkan, yaitu paspor dan visa. Bagaimana cara menjaga kedua dokumen penting tersebut?

Sebagai informasi, paspor merupakan dokumen yang dikeluarkan suatu negara untuk warganya yang bepergian ke luar negeri. Sebelum berangkat, pastikan paspor masih berlaku minimal 6 bulan. Sementara itu, visa merupakan dokumen yang menunjukkan izin atau persetujuan seseorang masuk ke suatu negara.

Jika kedua dokumen itu sudah siap, berikut 5 cara mudah menjaganya.

1. Selalu waspada

Saat bepergian di negara yang dituju, pastikan Anda selalu membawa dokumen-dokumen penting ini agar tidak mengalami masalah jika sewaktu-waktu ada pemeriksaan. Namun, Anda juga harus waspada akan risiko hilang atau kecopetan.

2. Simpan di dompet atau tas

Jangan pernah menyimpan dokumen asli di dalam koper atau tas yang terpisah dari diri Anda. Masukkan dalam dompet atau tas yang selalu melekat dan Anda bawa-bawa. Selain biar lebih mudah diakses, juga lebih aman karena selalu dalam pengawasan.

3. Taruh di bagian bawah

Seorang pejalan memberi saran untuk menempatkan dokumen pada bagian bawah backpack yang dibawa. Anda tetap dapat menjangkaunya saat dibutuhkan, tetapi cukup aman dari tangan-tangan jahil yang mungkin hendak mencopet.

4. Simpan salinan dokumen

Pastikan juga untuk selalu menyimpan salinan dokumen di tempat berbeda. Jika Anda membawanya dalam tas pinggang atau backpack, simpanlah salinan di koper yang ditinggal di penginapan. Pastikan juga Anda menyimpan salinan versi digital di ponsel atau akun email sehingga mudah diakses kapan dan dari mana saja.

5. Bungkus dengan plastik

Jangan lupa untuk membungkus dokumen dengan plastik atau wadah anti air. Ini sangat penting jika Anda bepergian pada musim hujan atau ke tempat wisata air sehingga dokumen tidak rusak apabila terkena air. Jika benar-benar terpaksa meninggalkan dokumen, misalnya karena hendak berenang atau menyelam, pastikan dokumen tersimpan di dalam tempat yang aman dan dapat dipercaya, misalnya dalam safe deposit box [ACA]

Foto: Shutterstock.

Tags: ,


About the Author



Leave a Reply

Back to Top ↑