Otomotif hemat biaya pengeluaran mobil

Published on April 10th, 2018 | by Kompas Klasika

5 Cara Menekan Pengeluaran Bulanan Mobil Anda

Punya kendaraan pribadi seperti mobil memang bisa memudahkan mobilitas. Apalagi yang tempat tinggal atau beraktivitasnya tidak terlayani angkutan umum, kendaraan tersebut bisa jadi pilihan utama. Meski menyenangkan dan memudahkan, punya mobil juga berarti harus siap mengeluarkan uang perawatan serta ongkos operasional bulanan yang jumlahnya amat tergantung pada sikap dan kebiasaan berkendara. Berikut ini kebiasaan dan sikap yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya pengeluaran.

Pertama, pada mobil bertransmisi manual, upayakan agar kaki tidak selalu diletakkan di atas pedal kopling saat mobil berhenti atau saat benar-benar sudah melaju. Menempatkan kaki pada pedal tersebut akan membuat kanvas kopling perlahan tergerus dan mempercepat penggantian komponen tersebut.

Kedua, pada beberapa merek dan model mobil, terutama mobil kelas atas, sudah dilengkapi cruise control, yang biasanya panel pengaturannya ada di bagian kemudi. Dengan fitur tersebut, mobil bisa melaju konstan sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Karena bisa menjaga kecepatan secara konstan, konsumsi bahan bakar pun menjadi relatif irit dan tentu bisa menekan pengeluaran. Nah, saat melewati jalan yang lurus dan lalu lintasnya relatif lancar, cruise control bisa diaktifkan.

Ketiga, servis rutin perlu dilakukan untuk menjaga performa. Performa yang baik tidak hanya akan memberi kenyamanan berkendara, tetapi juga mengoptimalkan pembakaran dan kinerja mesin sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar jadi efisien.

Keempat, aplikasi navigasi bisa digunakan untuk membantu merencanakan atau mendapatkan rute tercepat dari lokasi asal ke tempat tujuan. Tidak hanya bisa memangkas waktu, tetapi juga bisa menekan konsumsi bahan bakar.

Kelima, tinggalkan barang yang tidak perlu agar tidak menambah bobot kendaraan. Beban yang semakin berat berarti membutuhkan tenaga yang lebih besar, yang ini bakal menyedot bahan bakar yang lebih banyak. Demikian halnya untuk selalu menjaga tekanan angin ban sebagaimana mestinya. [ASP]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 23 September 2017

5 Cara Menekan Pengeluaran Bulanan Mobil Anda Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , ,


About the Author



Back to Top ↑