Otomotif sepeda motor ketika hujan

Published on October 31st, 2018 | by Kompas Klasika

4 Persiapan yang Harus Dilakukan Pengendara Sepeda Motor pada Musim Hujan

Hujan sudah mulai mengguyur Ibu Kota. Saatnya untuk bersiap-siap menghadapi cuaca yang tidak bersahabat. Sejumlah tips berikut ini dapat Anda pertimbangkan, terutama bagi pengendara sepeda motor.

1. Perhatikan informasi cuaca

Banyak yang barangkali tidak menyadari bawah informasi cuaca telah tersedia atau dengan mudah dapat diakses melalui ponsel pintar yang selalu dalam genggaman. Informasi ini bahkan sudah terpampang di layar utama ponsel. Menggunakan aplikasi seperti Accuweather memungkinkan Anda memperoleh perkiraan cuaca beberapa jam hingga beberapa hari ke depan.

Kondisi cuaca yang kurang bersahabat barangkali tidak dapat ditolak, tetapi Anda dapat mempersiapkan diri menghadapinya. Lalu lintas biasanya lebih macet saat hujan deras, jadi Anda dapat berangkat lebih awal. Pertimbangkan pula rute yang terbaik agar terhindar dari jalan-jalan yang menjadi langganan macet akibat genangan air.

2. Pantau terus informasi kondisi lalu lintas

Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Waze atau Google Maps yang akan memberikan informasi kondisi lalu lintas dan rute terbaik. Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi lalu lintas sebelum berangkat ke mana-mana.

Selain menggunakan aplikasi pemandu berkendara, Anda juga bisa memantau akun media sosial pihak berwajib atau pihak-pihak lain yang memberikan informasi terkini seputar lalu lintas. Jangan ragu untuk bertanya, tak jarang ada warganet yang dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan.

3. Pastikan kesiapan kendaraan

Dalam kondisi cuaca buruk, hal yang paling tidak Anda inginkan tentu kendaraan mogok. Pengendara sepeda motor, misalnya, pastikan kondisinya prima. Periksa antara lain sistem kelistrikan, mulai tutup busi, sekring, konektor kabel, hingga konektor CDI.

4. Pastikan kaca penutup helm tidak mudah berkabut

Sementara itu, traksi roda ke permukaan jalan pasti berkurang jauh dibanding saat aspal kering. Sepeda motor lebih mudah selip saat bermanuver. Oleh karena itu, jika pengendara memutuskan tetap melakukan perjalanan di bawah siraman air hujan, mereka harus lebih waspada dan mengantisipasi setiap kemungkinan. Jangan lupa juga melengkapi diri dengan jas hujan yang tidak sekadar melindungi badan jadi tidak basah. Tetap berhati-hati dan menjaga keselamatan berlalu lintas. [*/ACA]

Foto: Shuterstock.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 30 Oktober 2018.

4 Persiapan yang Harus Dilakukan Pengendara Sepeda Motor pada Musim Hujan Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑