Otomotif ilustrasi-jaket

Published on July 19th, 2018 | by Kompas Klasika

3 Pertimbangan Saat Memilih Jaket Motor untuk Berkendara

Jaket. Busana luar yang umumnya berbahan tebal ini tak hanya membuat tubuh menjadi hangat. Bagi pengendara sepeda motor, pakaian tebal ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal berikut agar Anda tidak salah pilih ketika mengenakan jaket motor.

1. Jenis bahan

Hal ini berhubungan tempat yang hendak dituju. Untuk perjalanan jarak dekat, pakailah jaket yang tidak terlalu tebal tetapi mampu melindungi tubuh dari angin. Pilihlah yang mudah dilepas, ringan, dan ringkas. Alasannya, jaket yang simpel tidak akan merepotkan kita ketika melipat atau memasukkan ke dalam kompartemen di bawah jok.

Apabila perjalanan yang ingin dituju agak jauh, pilihlah jaket dengan bahan lebih tebal. Alasannya, angin yang menerpa tubuh kita lebih banyak atau lebih sering, dibandingkan ketika berkendara jarak dekat.

Jika memungkinkan, pilihlah yang tahan air atau waterproof. Cuaca tak menentu menuntut kita lebih waspada meski perjalanan terbilang tidak terlalu jauh. Dengan jaket tahan air, kita akan lebih siap ketika hujan turun.

Sedangkan bagi Anda yang berkendara jarak jauh, tak ada pilihan lain kecuali menggunakan jaket khusus pengendara sepeda motor. Agar aman dan nyaman selama di perjalanan, pilihlah yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga suhu tubuh tidak cepat panas. Jaket yang memiliki ventilasi baik juga dapat membantu menghindari dehidrasi saat berkendara.

2. Warna

Warna jaket bukan semata soal selera. Jaket yang memiliki warna terang atau mencolok akan meningkatkan keamanan karena lebih mudah terlihat oleh orang yang ada di depan atau belakang Anda.

Untuk itu, pilihlah jaket berwarna terang, terlebih pada malam hari atau pada saat hujan. Jika memungkinkan, belilah yang sudah dilengkapi dengan bagian yang mampu memantulkan cahaya, atau yang lebih dikenal dengan scotlite.

3. Model jaket

Ketiga, model jaket. Selain ketebalan dan warna, model jaket memengaruhi kenyamanan berkendara. Bayangkan jika jaket yang Anda kenakan minim akan ruang penyimpanan. Tentu akan menyulitkan ketika hendak mengantongi karcis parkir atau uang koin.

Untuk itu, pilihlah jaket yang memiliki beberapa kantung. Ruang penyimpanan ini juga bisa digunakan untuk menyimpan sarung tangan sesampainya di tujuan. Yang tak kalah penting, pilihlah jaket degan model yang dapat meningkatkan gaya berkendara Anda. Siap berkendara dengan jaket yang nyaman? [BYU]

Foto: Shutterstock

3 Pertimbangan Saat Memilih Jaket Motor untuk Berkendara Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 1.9 (1 votes)

Tags: , ,


About the Author



Back to Top ↑