Kesehatan kebiasaan buruk yang membuat gigi rusak

Published on August 23rd, 2017 | by Kompas Klasika

3 Kebiasaan Buruk yang Tanpa Disadari Membuat Gigi Rusak

Setiap orang tentu ingin memiliki gigi putih bersih serta tersusun rapi.  Sayangnya, mendapatkan gigi seperti itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika Anda suka melakukan kebiasaan yang buruk. Apa saja kebiasaan buruk tersebut?

Menggosok gigi dengan keras

Terkadang, sebagian orang merasa perlu menggosok gigi dengan cara menekan gigi terlalu keras. Mereka beranggapan cara ini akan membuat gigi lebih bersih. Padahal, menyikat gigi dengan bulu keras dan diberi tekanan dapat menghilangkan enamel pelindung gigi secara permanen.

Tanpa disadari, hal inilah yang nantinya akan membuat gigi menjadi lebih sensitif dan berlubang. Parahnya lagi, cara menyikat gigi seperti itu akan mengakibatkan gusi menipis. Oleh karena itu, selain selektif memilih sikat gigi, ada baiknya Anda juga memerhatikan cara menyikat gigi yang benar agar tidak ada gusi yang berdarah karena proses menggosok gigi yang salah.

Berenang

Aktivitas olahraga yang satu ini sebenarnya sangat mengasyikkan dan menyehatkan. Sayangnya, sering kali kolam renang diberi zat kimia tertentu, yaitu dalam waktu lebih dari 6 jam selama sepekan akan berisiko mengalami perubahan warna pada gigi.

Hal ini bisa terjadi karena zat kimia yang tercampur pada air kolam renang dapat bercampur bersama dengan air liur si perenang. Hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan terjadinya reaksi pewarnaan pada gigi. Itu sebabnya, biasanya perenang dianjurkan selalu mengenakan pelindung mulut yang akan melindungi gigi pada saat mereka berenang.

Susu

Siapa pun pasti setuju jika susu memberikan banyak manfaat pada kesehatan. Maklum saja, susu merupakan penyuplai kalsium yang banyak yang banyak direkomendasikan ahli gizi. Sayangnya, kandungan gula atau pemanis dalam susu yang banyak beredar di pasaran diyakini sebagai salah satu pemicu kerusakan gigi.

Pemanis yang terkandung di dalam susu diyakini dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri yang bersarang di dalam mulut. Itu sebabnya, Anda harus berhati-hati ketika memberikan susu pada si kecil saat ia menjelang tidur. Ada baiknya jika selalu pastikan si kecil untuk tidak melewatkan gosok gigi sebelum ia tidur agar kandungan gula pada susu tidak mengendap.

Nah, dengan perawatan gigi yang tepat, kunjungan ke dokter gigi setidaknya sekali dalam 6 bulan serta menghindari kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan gigi dan gusi, Anda akan mendapatkan penampilan yang menarik dan tentu saja gigi yang sehat. Mudah, bukan? Bagaimana dengan Anda? [AYA]

Foto Shutterstock.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 8 Desember 2015

3 Kebiasaan Buruk yang Tanpa Disadari Membuat Gigi Rusak Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: ,


About the Author



Back to Top ↑